Menjaga Agar Battery Kamera Awet dan Tidak Cepat Rusak
JPC
  jpc@jpckemang.com   021-7180487
 

Articles

Menjaga Agar Battery Kamera Awet dan Tidak Cepat Rusak

Menjaga Agar Battery Kamera Awet dan Tidak Cepat Rusak

Anda tentu pernah mengalami situasi sedang memotret moment menarik, namun baterai / battery kamera habis dayanya, Anda tidak punya extra battery, dan anda berada di situasi yang tidak memungkinkan untuk men-charge battery, atau tidak bisa menemukan colokan listrik di sekitar Anda.    Saat menggunakan battery seperti FujifilmNP-W126 dan Sony NP-FW50, Anda sedang di perjalanan dan tidak memungkinkan untuk menge-charge, maka yang bisa dilakukan adalah menjaga battery kamera yang tersisa agar tetap awet.  Untuk mengetahui cara-cara untuk menjaga battery agar awet, mari baca ulasan di bawah ini.

Cara Menjaga Battery Kamera Awet

Jangan terlalu lama lihat hasil foto

Kebanyakan orang cenderung selalu melihat hasil foto lama-lama setelah menjepret sesuatu. Lebih baik mengurangi kebiasaan melihat hasil foto terlalu lama saat ingin menghemat battery atau saat battery kritis, karena LCD display pada kamera mengkonsumsi banyak daya battery. Dengan sering menggunakan fitur playback untuk melihat hasil foto pada kamera, maka LCD display akan sering digunakan pula.  Maka tak heran jika battery cepat habis.

Untuk menghemat battery agar lebih awet, lebih baik menghindari melihat hasil foto lama-lama. Daripada melihat hasil foto satu per satu setiap kali melakukan jepretan, maka lebih baik menunggu untuk sekaligus men-transfer semua data foto sekaligus.  Selain lebih efisien, Anda juga dapat menjaga agar battery kamera lebih awet.

Battery kamera disimpan dengan baik

Cara penyimpanan battery kamera mempengaruhi keawetan dan daya tahan battery itu sendiri. Apabila disimpan dengan cara yang benar, maka battery akan lebih awet dan tahan lama. Apabila belum berniat menggunakan kamera dalam waktu yang dekat, maka battery bisa dilepaskan dari kamera.  Battery kemudian disimpan di tempat yang dingin dan kering seperti dry cabinet. Dapat pula disertakan silica gel di dalam kotak kedap udara (dry box) untuk membantu menjaga agar battery tidak lembab.

Apabila battery disimpan pada tempat yang panas atau lembab, justru akan berdampak buruk pada fungsi battery ke depannya. Tempat penyimpanan battery adalah hal yang krusial dalam menjaga keawetan battery.  Selain itu, melepaskan battery dari kamera dapat membantu untuk menghindari terjadinya kebocoran battery – yang akan berbahaya bagi kamera Anda juga - dan menjaga agar battery tetap awet.

Mematikan fitur kamera yang tidak diperlukan

Apabila Anda sedang ingin menjepret banyak foto, dan ingin battery kamera awet, maka Anda dapat mematikan fitur-fitur kamera yang tidak digunakan.  Fitur kamera juga dapat menjadi sumber penyebab battery yang boros. Meski sudah banyak sekali fitur yang ditambahkan pada kamera dari tahun ke tahun, namun demi menjaga pemakaian battery tidak boros, kita harus juga tetap bijak dalam menyeleksi fitur-fitur yang tidak diperlukan.

Ada beberapa fitur kamera yang menkonsumsi daya battery dengan cepat.  Fitur seperti autofocus dan image stabilisation menghabiskan banyak daya battery sehingga harus dibatasi penggunaannya.  Selain mengurangi menggunakan fitur-fitur kamera, kamu juga dapat menyalakan mode power saving agar battery dapat jadi lebih awet lagi.

Matikan kamera saat tidak digunakan

Untuk menjaga battery kamera, Anda sebaiknya mematikan kamera saat tidak digunakan. Terutama saat menggunakan kamera untuk menjepret pemandangan saat sedang liburan atau saat menghadiri acara ulang tahun teman, Anda dapat mematikan dulu kamera saat tidak dibutuhkan untuk foto.  Tips ini dapat diterapkan untuk menjaga battery kamera agar lebih awet. 

Berhati-hati dalam membeli battery  dan charger

Battery kamera adalah bagian penting dari sebuah kamera. Berhati-hati dimulai dari saat Anda membeli unit kamera, belilah di toko kamera yang terpercaya dan jelas reputasinya, fisik tokonya dsb.   Jangan langsung terbuai dengan harga yang lebih murah, karena Anda mungkin yakin dengan kameranya yang original.  Tentu saja, karena hampir tidak dapat ditemukan kamera palsu.  Namun tahukah Anda, begitu banyak battery palsu beredar di pasaran. 

Saat Anda membeli kamera di toko yang terpercaya, Anda akan yakin mendapatkan kelengkapan battery dan charger (yang biasa didapat di dalam box) adalah battery dan charger yang original.

Alih alih menghemat beberapa ratus ribu, tapi kamera Anda terancam rusak karena menggunakan battery palsu yang berkualitas buruk dan tidak sesuai dengan tegangan yang seharusnya.

Battery original memang tidak murah.  Saat Anda ingin membeli battery cadangan, tapi budget Anda terbatas Anda dapat memilih battery dengan merk lain (3rd party brand) yang bermutu dan compatible dengan kamera Anda.  Biasanya battery 3rd party brand dijual dengan harga lebih murah, dengan garansi  beberapa bulan. Kualitas battery 3rd party biasanya cukup baik, namun sesuai harganya yang lebih murah, kualitasnya tidak sebaik battery original. Misalnya: apabila Battery original kondisi fully charged dapat menjepret 300 foto, maka Battery 3rd party akan habis dayanya setelah dipakai untuk menjepret 170 foto (tiap merk berbeda-beda kualitasnya). Life cycle-nya pun tentu tidak sebaik battery original. 

Battery harus dijaga dengan baik, di-charge penuh saat daya battery minimal tinggal 5-10%, tidak over charged,  battery original hendaknya discharge menggunakan charger original,  tidak menggunakan sembarang charger, dsb.  Apabila tidak dijaga dengan baik, maka akan mengganggu aktivitas memotretmu sehari-hari.   

Apabila kamu membutuhkan charger dan battery kamera dengan kualitas baik, dapatkan di JPC Kemang Photography Center, toko kamera online terbaik dan paling terpercaya di  Indonesia.


Baca Juga:

Tips Mengatasi Lensa Error atau Macet Dengan Mudah


6 Tips Praktis Membersihkan Lensa Kamera yang Benar Tanpa Merusak Coating Lensa









Author:

  • Profile Author
    JPC Kemang
    JPC Kemang Photography Store atau dikenal juga dengan JPC (Jakarta Photography Center). Toko JPC Kemang (OFF-LINE store) yang sangat nyaman beralamat di Jl. Kemang Raya No. 47C, Jakarta Selatan 12730. Dilengkapi dengan Kemang Cafe tempat bersantai bersama