JPC
  jpc@jpckemang.com   021-7180487
 
  • Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia S&K Berlaku

Articles

6 Tips Praktis Membersihkan Lensa Kamera yang Benar Tanpa Merusak Coating Lensa

6 Tips Praktis Membersihkan Lensa Kamera yang Benar Tanpa Merusak Coating Lensa

Cara membersihkan lensa kamera tidaklah semudah yang dibayangkan apalagi jika kamera yang ingin dirawat memiliki nilai jual yang tinggi. Perlu detail dan hati-hati dalam memebrsihkannya. Berikut ini cara yang benar membersihkan lensa pada kamera. 

Pastikan Ruangan Bersih dan Kering

Sebelum membersihkan kamera khususnya kamera DSLR yang memiliki lensa sensitif didalamnya, pastika dahulu ruangan yang akan digunakan sudah bersih dan bebas dari debu berterbangan. Jangan anggap remeh keberadaan ruangan karena salah satu faktor yang membuat lensa kamera tidak bisa bersih maksimal adalah ruangan yang masih kotor dan banyak gangguan yang menghampiri.

Pilihlah ruangan dengan kondisi yang kering dan sudah dibersihkan seluruh ruangannya. Sebaiknya membersihkan lensa kamera di tempat yang lebih tinggi dari dudukan seperti di meja untuk mendapatkan hasil maksimal. 

Kondisi cahaya dan penerangan

Cara membersihkan lensa kamera yang harus diperhatikan adalah penerangan. Kondisi cahaya penerangan diperhatikan untuk melihat seberapa besar proses pembersihan yang harus dilakukan. Jika memiliki lampu belajar atau lampu duduk ada baiknya untuk lebih didekatkan posisinya. Ukuran debu atau kerikil kecil yang tidak mudah terlihat membuat prosesnya harus lebih diperhalus. Ada baiknya juga membersihkan kamera ini pada siang hari karena kondisi cahaya masih terang benderang. 

Bongkar Lensa Kamera dengan Hati-Hati

Langkah berikutnya adalah bongkar lensa kamera dengan hati-hati khususnya pada bagian filternya. Filter kamera menjadi tempat yang penting untuk menyaring debu dan kotoran yang mencoba masuk ke dalam kamera. Pisahkan bagian-bagian kamera pada tempat yang aman dan tidak tersenggol oleh kegiatan tangan yang akan membersihkan. Sebaiknya menempatkan bagian-bagian tersebut pada kain sehingga lebih dapat daya cengkeram dan tidak mudah jatuh. 

Jika ada bagian yang belum dibersihkan maka sebaiknya di tutup dahulu menggunakan tutup lensa sembari menunggu bagian lain terselesaikan. Hal ini menghindarkan dari debu yang rawan masuk ke dalam bagian lensa. Jangan terlalu keras juga saat membongkar, sesuaikan dengan pengait yang ada sehingga lensa dengan mudah terlepas sengan aman. 

Gunakan Kuas Kering atau Blower

Cara membersihkan lensa kamera jangan menggunakan kain basah atau tisu karena dikhawatirkan ada debu atau kerikil kecil di bagian lensa. Jika menggosoknya maka akan ada goresan yang justru merusak lensa. Hal ini sangat jarang diperhatikan oleh para pemula yag belum pernah membersihkan kamera secara langsung. Padahal lensa merupakan bagian paling sensitif dan rawan tergores. Ibarat pada mata, jika kelilipan maka tidak diperkenankan untuk menguceknya karena khawatir debu yang masuk justru akan menggoreskan luka ketika dikucek. 

Cara yang benar adalah menggunaan kuas kering atau blower terlebih dahulu sebelum membersihkan lensa. Kedua alat ini akan membuang debu atau kerikil kecil terlebih dahulu sebelumm dibersihkan dengan lap. Kuas kering berfungsi sebagaimana sapu yang bisa masuk ke celah-celah kecil tanpa meninggalkan jejak goresan. Lebih aman lagi adalah menggunakan blower yang akan menerbangkan debu-debu kecil sampai pada celah-celahnya.

Bersihkan Kembali Menggunakan Kain Microfiber

Setelah menggunakan blower atau kuas kering langkah berikutnya adalah menggunakan lap. Lap yang digunakan adalah lap dengan bahan microfiber. Bahan kain ini lebih lembut dan mudah menyerap dan menghilangkan debu yang menempel. Ada baiknya menyediakan dua kain lap microfiber yakni khusus untuk lensa dan khusus untuk bodi kamera. 

Gunakan Pembersih Lensa yang Direkomendasikan

Setelah di lap ulangi lagi namun ditambahkan dengan pembersih khusus sehingga hasil yang diberikan lebih maksimal. Tidak smeua bersih diperbolehkan mengingat lensa merupakan bagian yang sensitif. Ada baikya untuk membeli pembersih lensa dengan merk yang sama dengan vendor kamera itu sendiri. Umumnya pembersih sudah dilengkapi dengan berbagai alat penunjang yang khusus untuk melengkapi cara membersihkan lensa kamera.

Cek Katalog Produk Disini!

Baca Juga: Beda Merk Beda Kualitas Begini Cara Menggunakan Kamera Nikon Like a Pro