Jadi Vlogger? Berikut 5 Alat Untuk Ngevlog Mesti Diketahui
JPC
  jpc@jpckemang.com   021-7180487
 
  • Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia S&K Berlaku

Articles

Jadi Vlogger? Berikut Alat-Alat Untuk Ngevlog Mesti Diketahui

Jadi Vlogger? Berikut Alat-Alat Untuk Ngevlog Mesti Diketahui

Profesi vlogger saat ini sedang tren dan populer di kalangan masyarakat Indonesia. Anda termasuk salah satu yang tertarik untuk mencoba keberuntungan di bidang ini? Sebelumnya, Anda wajib mengetahui bahwa ada sejumlah alat untuk nge-vlog yang harus dimiliki agar bisa menciptakan konten yang menarik.  Terlepas dari apakah Anda akan menjadi beauty vlogger, travel vlogger, maupun tutorial vlogger, inilah daftar lengkap alat untuk ngevlog yang wajib untuk dipertimbangkan oleh Anda.  Apa saja? Yuk, simak!

Kamera atau smartphone yang tepat

Alat untuk nge-vlog yang paling wajib dimiliki yaitu kamera. Kriteria kamera yang dibutuhkan tentu harus yang mudah digunakan dan praktis dibawa ke mana saja. Tidak harus kamera DSLR yang mahal, sebagai pemula Anda bisa menggunakan kamera mirrorless, action cam, atau bahkan kamera smartphone yang dimiliki.  Namun, jika anggaran menjadi vlogger profesional sudah cukup besar, Anda bisa mempertimbangkan kamera dengan spesifikasi yang lebih baik sehingga pengambilan gambar atau video juga lebih berkualitas.  Yang dipentingkan dalam memilih adalah, Anda harus bisa melihat wajah anda sendiri pada saat nge-vlog dengan kamera/smartphone tersebut, artinya apabila ada memakai kamera, pilihlah kamera dengan layar sentuh yang bisa diputar 180 derajat untuk diarahkan ke depan/ke wajah Anda, supaya mudah mengoperasikannya.  

Selain layar sentuh yang dapat diputar 180, hal penting lain untuk  menghasilkan suara pada video lebih nyaman didengar oleh Audience, pilihlah kamera/smartphone yang memiliki jack untuk menggunakan microfon tambahan, sehingga suara sekitar yang tidak diinginkan dapat diredam/diminimalisir karena suara sekitar seringkali sangat mengganggu.

Microphone terbaik agar suara vlog lebih mantap

Setelah menemukan kamera atau smartphone yang tepat untuk membuat gambar visual vlog yang menarik, Anda juga perlu mempertimbangkan penggunaan tambahan microphone lho. Pasalnya, gambar berkualitas tajam tidak akan membuat penonton nyaman jika audionya tidak dapat didengar dengan jelas.  Microphone yang sudah built in di dalam kamera/smartphone bisa saja dipakai, namun hasil audionya sering kali kurang memuaskan karena kurang bisa meredam suara sekitar yang tidak perlu. Untuk penggunaan outdoor, Anda bisa menggunakan Saramonic SR-M3 Mini Directional Condenser, Rode Videomic Pro Plus On-Camera Shotgun, atau  Rode VideoMic Me Directional for Smartphone sebagai alternatif microphone berkualitas yang bisa langsung terhubung bahkan dengan perangkat smartphone, termasuk iPhone, yang Anda gunakan.  

Apabila anggaran tidak menjadi kendala, microphone terbaik yang amat direkomendasikan untuk Youtuber saat meng-interview  seseorang (indoor/outdoor)dengan microphone clip-on adalah Sennheiser  EW 112 P G4 Camera-Mount Wireless Microphone System with ME2-II Lavalier 

Jangan lupa lighting!

Alat untuk nge-vlog yang satu ini juga wajib dimiliki untuk menghasilkan kualitas video yang terang.  Meski terlihat sepele, ternyata perangkat lighting sangat dibutuhkan, terutama jika Anda membuat vlog di malam hari atau dalam ruang dengan pencahayaan minim.  Pilihlah alat lighting yang dapat diatur kadar terangnya (dimmer), sebab dapat menghasilkan gambar yang lebih smooth dibandingkan lighting lainnya.  Dengan begitu, vlog yang Anda buat pun lebih cerah dan menarik untuk ditonton.  Salah satunya Godox LEDM 150 LED Smartphone Light

Jenis lighting berupa ring light Fotoplus RL - 18 II adalah yang paling banyak dipilih oleh vlogger yang ingin mendemokan perawatan wajah, tutorial make-up, dan sebagainya.

Gunakan holder atau tripod 

Holder atau tripod diperlukan sebagai penyangga kamera atau ‘shooting grip’ yang Anda gunakan untuk merekam video, membuat Anda lebih leluasa bergerak.  Menggenggam tripod juga jauh lebih nyaman daripada menggenggam kamera dalam waktu lama.

Untuk kenyamanan para Vlogger, brand Sony bahkan mengeluarkan ‘shooting grip’ sehingga Anda bisa mengontrol kamera hanya dengan 1 jempol tangan saja dari shooting grip tersebut untuk merekam video, foto dan zoom, wah… sangat memudahkan kerja Anda sebagai vlogger bukan?

Apabila Anda menggunakan kamera Sony RX100 series, shooting grip yang bisa digunakan adalah Sony VCT-SGR1.  

Apabila Anda menggunakan Sony A6400, shooting grip yang bisa digunakan adalah Sony GP-VPT1.

Sayangnya brand lain seperti Canon, Nikon, Fujifilm, Olympus dan Panasonic Lumix belum memproduksi shooting grip semacam ini, sehingga tripod yang digunakan hanya berfungsi sebagai penyangga / holder saja.

Gunakan gimbal stabilizer agar vlog minim guncangan

Menonton tayangan vlog dengan gambar yang ‘shaking’ atau banyak guncangan tentu tidak nyaman.   Apabila Anda merekam sambil bergerak, berjalan atau kadang berlari kecil, maka tripod penyangga Anda sebaiknya diganti dengan gimbal stabilizer, terlebih apabila kamera yang digunakan untuk nge-vlog tidak memiliki 5-axis stabilitation, maka gimbal stabilizer wajib dipakai untuk meredam dan meminimalisier guncangan selama proses pengambilan video.  Dengan bantuan stabilizer ini, gambar video Anda jadi lebih nyaman ditonton karena gambar lebih smooth/stabil dan minim guncangan. 

Gimbal Stabilizer untuk smartphone yang banyak digunakan para Youtuber/Vlogger adalah  Zhiyun Smooth 4, atau DJI Osmo Mobile 2 atau Moza Mini-S Essential.

Gimbal Stabilizer untuk mirrorless yang menjadi andalan para Youtuber/Vlogger adalah Zhiyun Crene 2 with Follow Focus, Zhiyun Weebill Lab Handheld Stabilizer,  DJI Ronin-S, atau Moza AirCross 3

Pilih laptop sesuai kebutuhan editing vlog

Setiap vlogger tentu akan melakukan editing terhadap video yang sudah berhasil direkam sebelumnya.  Alat editing untuk Anda yang pemula, bisa menggunakan Loupedeck + Photo & Video Editing Console yang sangat mudah penggunaannya.

Tentu saja, vlogger juga membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan editing vlog itu sendiri. Namun, Anda tetap bisa mempertimbangkan pembelian laptop sesuai dengan budget yang dimiliki. Setidaknya Anda akan membutuhkan laptop dengan processor quad-core serta dilengkapi kapasitas minimal RAM 4GB agar proses editing berjalan lebih lancar.

Itulah lima alat untuk nge-vlog yang wajib dimiliki, terutama bagi vlogger pemula seperti Anda. Pastikan dalam memilih perlengkapan vlogging Anda juga mengecek kualitas dari masing-masing produk yang digunakan. Tujuannya agar alat untuk nge-vlog tersebut bisa tahan lama dan dapat digunakan dalam jangka panjang. Masih berburu perlengkapan vlogging lainnya? Kunjungi JPCKemang.com untuk mendapatkan seluruh perlengkapan berkualitas yang Anda butuhkan.

Baca Juga: Cari Tahu Apa Itu Kamera Mirrorless Mengapa Semua Blogger Menggunakannya?