Apa Itu Kamera Mirrorless, Mengapa Semua Blogger Menggunakan
JPC
  jpc@jpckemang.com   021-7180487
 

Articles

Cari Tahu Apa Itu Kamera Mirrorless Mengapa Semua Blogger Menggunakannya ?

Cari Tahu Apa Itu Kamera Mirrorless Mengapa Semua Blogger Menggunakannya ?

Apa itu kamera mirrorless? Kamera mirrorless saat ini menjadi kamera favorit di kalangan remaja, terutama yang memiliki blog maupun youtube. Ada banyak kelebihan yang diberikan oleh kamera mirrorless dan sangat cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari maupun untuk pekerjaan.  Kamera mirrorless memiliki ukuran yang kecil jika dibandingkan dengan kamera DSLR dan juga memiliki penampilan yang simple.

Pengertian Kamera Mirrorless

Banyak juga orang yang tidak terlalu mengenal apa itu kamera mirrorless. Banyak orang yang sudah tahu kamera DSLR itu seperti apa. Keberadaan kamera DSLR lebih sering digunakan di tempat-tempat terbuka maupun dengan pemandangan yang indah. Tidak seperti kamera DSLR, kamera mirrorless merupakan kamera yang lebih simple dilihat dari sudut ukuran dan beratnya, sehingga banyak digunakan untuk kegiatan syuting oleh para blogger dalam negeri maupun luar negeri.


Kamera mirrorless memiliki pengertian yaitu kamera yang cermin seperti halnya yang dimiliki oleh kamera DSLR.  Ada banyak perbedaan antara kamera mirrorless dengan kamera DSLR. Bisa dibilang juga kamera mirrorless merupakan kamera dengan tampilan lebih simple, lebih mungil, praktis dibandingkan kamera DSLR, namun hasil gambar tidak kalah bagus dengan kamera DSLR.


Ukuran kamera mirrorless yang lebih kecil membuatnya terasa lebih ringan dan mudah untuk digunakan dalam keadaan apa saja.  Hal itulah yang membuat kebanyakan orang menggunakan kamera mirrorless untuk pengambilan video di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Dari itu Anda sudah bisa mengetahui apa itu kamera mirrorless.

Awal Kemunculan Kamera Mirrorless

Kamera mirrorless mulai muncul karena adanya sebuah ide dari perusahaan kamera. Ide tersebut yaitu ingin membuat sebuah kamera dengan ukuran yang minimalis namun hasilnya bisa menyamai hasil foto kamera DSLR beserta kemampuan mengganti-ganti lensanya. Di zaman terkenalnya kamera DSLR, keberadaan kamera DSLR dapat mudah Anda temukan di mana saja. Akan tetapi, tidak sedikit yang merasa kesusahan karena ukurannya yang besar dan terasa berat saat dibawa ke tempat yang jauh.


Oleh karenanya, kamera mirrorless ini hadir untuk menjawab keluhan itu semua.

Kamera mirrorless tampil dengan ukuran kecil dan lensa yang dapat dilepas untuk Anda ganti sesuai dengan keinginan.  Anda tidak perlu khawatir dengan hasil dari kamera mirrorless. Karena meskipun ukuran kamera mirrorless cukup kecil jika dibandingkan kamera DSLR, ternyata mampu menghasilkan gambar dan video yang tidak kalah unggul dengan kamera DSLR.  Jadi, tidak salah kamera ini terkenal banyak dipakai di kalangan blogger.

Cara Penggunaan Kamera Mirrorless

Bagaimana cara menggunakan kamera mirrorless? Beberapa type kamera mirrorless untuk kelas pemula (entry level) tidak memiliki celah kecil atau jendela bidik optic (view finder) untuk bisa menangkap titik obyek.  Sehingga, untuk menangkap suatu obyek, Anda harus melihat obyek pada layar LCD. Namun sekarang sudah banyak type kamera mirrorles yang mempunyai view finder, terutama untuk kelas menengah dan high end.

LCD pada kamera mirrorless bisa Anda putar sedemikian rupa untuk mengambil gambar di bagian depan. Sangat cocok untuk Anda yang menyukai selfie.

Keuntungan Penggunaan Kamera Mirrorless

Keuntungan menonjol yang diberikan oleh kamera mirrorless ini adalah mampu menangkap gambar dengan lebih cepat jika dibandingkan dengan kamera-kamera lainnya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa dengan cepat mendapatkan fokus obyek untuk bisa diambil gambarnya. Karakteristiknya yang kecil, simple, dan praktis, tidak menghalangi kamera mirrorless untuk bisa bekerja dengan cepat dan menghasilkan kualitas gambar yang baik.

Beberapa penjelasan di atas bisa membantu Anda untuk mengetahui lebih dalam apa itu kamera mirrorless. Kamera mirrorless kini hadir untuk memudahkan Anda dalam mengambil gambar dan video


Miliki Kamera Mirrorless Sekarang!

Baca Juga: Canon Rekomendasi Kamera Mirrorless untuk Kamu yang Hobi Hunting Foto








Author:

  • Profile Author
    JPC Kemang
    JPC Kemang Photography Store atau dikenal juga dengan JPC (Jakarta Photography Center). Toko JPC Kemang (OFF-LINE store) yang sangat nyaman beralamat di Jl. Kemang Raya No. 47C, Jakarta Selatan 12730. Dilengkapi dengan Kemang Cafe tempat bersantai bersama