JPC
  jpc@jpckemang.com   021-7180487
 
  • Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia S&K Berlaku

Articles

4 Peralatan Penting Untuk Jadi Youtuber Pemula

4 Peralatan Penting Untuk Jadi Youtuber Pemula

Sebagai pemula diperlukan peralatan untuk jadi Youtuber yang mesti diketahui. Sepuluh tahun lalu, jika ingin menjadi seorang YouTuber, mungkin akan ada banyak orang yang mengerinyitkan kening.  Namun, kini YouTuber justru sudah menjadi salah satu profesi yang memiliki banyak peminat. Pemasukan yang didapat dari iklan video-video buatan YouTuber tidak kalah dari mereka yang bekerja kantoran. 

Namun, selain konten video yang keren, menjadi seorang YouTuber juga membutuhkan modal peralatan.  Semakin lengkap dan canggih peralatan yang Anda punya, maka kualitas hasil video idealnya akan semakin keren juga.  Bagi yang berniat menekuni profesi satu ini, yuk kita pelajari beberapa peralatan untuk jadi YouTuber!

Kamera

Konten utama dari YouTube adalah video. Jadi kamera sudah tentu jadi salah satu peralatan untuk jadi YouTuber yang harus dimiliki.  Mengingat ada begitu banyak jenis kamera, sebelumnya lakukan riset untuk menentukan kamera yang akan dibeli. Tidak harus mahal, pastikan saja kamera tersebut memiliki spesifikasi mumpuni.

Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah Panasonic Lumix G7 Kit. Yang dibekali dengan sensor 16.0 megapiksel, Venus Engine 9 Image Processor, 4K Video, Wi-Fi dan  bagusnya kamera ini mempunyai jack untuk tambahan microfon. Anda bisa mendapatkannya di JPCKemang.com dengan harga Rp6-7 jutaan saja sudah komplit dengan lensa.   Pada saat shooting outdoor, tambahan microfon yang mumpuni bisa mengurangi suara sekitar yang tidak diinginkan. Sehingga kualitas suara dari video yang dihasilkan akan sangat nyaman ditonton oleh audience.  Oleh sebab itu disarankan kamera yang bukan hanya memiliki LCD yang bisa di-flip ke depan, namun juga memiliki jack untuk tambahan microfon.

Pilihan kamera lainnya yang kami rekomendasikan adalah kamera yang baru diluncurkan awal tahun 2019 oleh Sony Corporation yang fiturnya memang sangat diperlukan oleh Anda yang ingin jadi Youtuber atau Vlogger, yaitu Sony A6400.  Kamera ini memang dirasa lebih unggul karena dilengkapi dengan autofokus hybrid 4D yang mampu mendeteksi bagian wajah dan mata saat merekam video. Prosesor yang digunakan juga BIONZ X yang mampu menghasilkan 11 foto per detik dan merekam video 4K. 

Kecanggihan lainnya dari kamera ini adalah adanya sistem AF dengan 425 titik phase detect AF dan 425 titik contrast detect AF yang bisa melacak fokus objek bergerak cepat dengan akurat. Untuk versi body-only Sony A6400 dipasarkan dengan harga 900 dollar AS atau setara sekitar Rp 12 jutaan.  Namun, juga ada varian kit dengan dilengkapi lensa 16-50 mm dengan harga 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 14-15 jutaan.

Itulah beberapa rekomendasi kamera mirrorless yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Untuk mendapatkan kamera mirrorless dengan kualitas terbaik dan pembelian yang aman dan nyaman, Anda bisa mengunjungi Jakarta Photography Center atau dikenal juga dengan JPC Kemang.

Stabilizer kamera

Nah, agar hasil video yang Anda rekam bisa stabil, sebaiknya gunakan stabilizer saat pengambilan video. Stabilizer berfungsi untuk menahan kamera Anda sehingga hasil video tidak goyang.

Sebaiknya pilihlah stabilizer yang bisa dioperasikan secara mudah dengan satu tangan, seperti DJI Ronin-S Gimbal Stabilizer yang dapat digunakan untuk kamera DSLR maupun mirrorless. Sebagai alternatif lain yang tidak kalah oke, ada pula Moza Air 2 3-Axs Handheld Gimbal Stabilizer dan Zhiyun Crane 2 with mechanical Follow Focus.

Microphone

Peralatan untuk jadi YouTuber satu ini membantu Anda untuk memastikan agar suara terekam secara jelas. Jadi, ketika nanti diunggah ke YouTube, hasil suaranya juga cukup jernih untuk dinikmati penonton. Nah, sebelum melakukan pembelian, tentukan dulu tipe microphone sesuai kebutuhan dan kualitas yang diinginkan.

Bagi yang bergelut membuat konten vlog, clip on mic seperti Sennheiser CL1 Mini-M to Mini-M Connecting Cable for EK100 bisa menjadi pilihan oke karena cenderung praktis. Beda lagi jika Anda lebih sering membuat konten interview dengan orang lain, maka shotgun microphone seperti Rode Blimp for Shotgun Microphones lebih cocok karena mampu menangkap suara dengan kualitas baik dari arah depan.

Laptop

Agar video yang Anda ambil bisa ditayangkan dalam kualitas baik, Anda perlu mengeditnya terlebih dulu menggunakan software khusus.  Nah, software mengedit video biasanya hanya bisa diakses melalui perangkat komputer atau laptop. Dalam hal ini, laptop lebih disarankan karena sifatnya yang mudah untuk dibawa ke mana-mana. Jadi, jika Anda bepergian pun Anda tetap bisa melakukan editing video dan segera mengunggahnya ke YouTube.

Selain itu, mengedit video juga akan membantu hasil video Anda terlihat lebih rapi dan profesional. Pastikan saja Anda memilih laptop dengan spesifikasi yang mumpuni mengingat aktivitas mengedit video membutuhkan performa yang cukup berat.

Itulah beberapa peralatan untuk jadi YouTuber bagi Anda yang baru saja memulainya. Khusus untuk kamera, microphone, dan stabilizer, semuanya bisa Anda dapatkan dengan mudah di JPCKemang.com  Ada berbagai jenis produk dari beragam merek yang bisa Anda pilih. Semoga Anda bisa menjadi seorang YouTuber yang handal!

Baca Juga: Ikuti Cara Ngevlog Untuk Pemula Agar Gambar dan Suara Jernih