Hasil Foto Keren? Belajar Tips Fotografi Dulu Dari Ahlinya
JPC
  jpc@jpckemang.com   021-7180487
 
  • Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia S&K Berlaku

Articles

Ingin Hasil Foto Keren? Belajar Tips Fotografi Dulu Dari Ahlinya

Ingin Hasil Foto Keren? Belajar Tips Fotografi Dulu Dari Ahlinya

Tips fotografi berikut ini untuk kamu yang masih baru saja belajar memegang kamera baik kamera mirrorless maupun kamera DSLR. Tentunya dengan teknik sederhana, kamu bisa mendapatkan hasil yang super kece dan keren.  Bagaimana caranya?

Cobalah untuk Mengambil Gambar Secara Dekat dan Full Face

Latihan pertama yang perlu dan harus sering dilakukan adalah memotret dengan jarak dekat.  Cobalah untuk mengambil fokus sedekat mungkin pada objek atau subjek foto sehingga bisa mendapatkan hasil yang wah.  Dalam dunia fotografi yang paling penting adalah ketepatan dalam memfokuskan pada objek foto. 

 

Ada dua cara untuk mendapatkan hasil foto dari cara ini yakni dengan cara zoom atau kamu yang harus mendekat.  Cara kedua lebih direkomendasikan karena bisa memberikan hasil lebih maksimal mulai dari pencahayaan hingga ketajaman.

 

Jika kameramu support menggunakan zoom tentu saja lebih memudahkan dalam mengambil gambar.  Membidik objek dengan lensa yang mempunya aperture besar (angkanya kecil), akan memberikan efek bokeh.  Bokeh adalah istilah dalam fotografi yang berarti blur atau latar blur dengan objek foto yang tajam. 

Memberikan Framing pada Objek

Satu hal yang harus dimiliki seorang fotografer adalah framing.  Framing merupakan teknik yang menggabungkan objek atau subjek foto dengan benda yang berhubungan disekitarnya.  Framing sendiri mengikuti tema foto yang akan dilakukan, sehingga kemampuan fotografer dalam menentukan framing sangat dibutuhkan disini.  Contoh misalnya adalah tentang liburan keluarga maka sebisa mungkin saat memotret harus menggunakan frame atau latar sebuah wahana wisata yang menyenangkan. 

 

Dalam dunia fotografi framing akan memberikan makna lebih kepada orang yang melihatnya.  Apalagi jika komposisi yang ada di dalamnya begitu kompleks dan mendukung hasil foto dari objek foto.  Bahkan beberapa kali framing menjadi alasan mengapa seseorang suka dengan foto tersebut karena menarik perhatian orang yang melihatnya.  Insting fotografer dalam framing kembali harus muncul jika ingin menghasilkan foto yang keren.  Masih kurang?  Yuks simak tips fotografi berikutnya. 

Berani Bermain dengan Cahaya

Pada umumnya seorang pemula akan mencari arah datangnya cahaya untuk membantu agar objek lebih terang karena terpapar cahaya.  Jika demikian cobalah untuk lebih berani dalam memainkan pencahayaan.

 

Jangan hanya mengandalkan cahaya yang datang dari depan saja, akan tetapi eksplore hasil foto dari arah samping atau arah belakang.  Berani bermain cahaya akan membuat foto terlihat lebih keren dan unik.  Jangan takut untuk mencoba terus lagi dan lagi untuk mendapatkan hasil terbaik.

 

Salah satu contoh permainan pada cahaya adalah mendapatkan cahaya matahari sore hari untuk siluet ditengah indah pesonanya.  Memang wajah tidak akan kelihatan secara detail akan tetapi justru itulah nilai seninya.  Apalagi suasana sore hari cenderung sejuk dan angin sepoi-sepoi sehingga sangat cocok untuk objek wanita yang ingin menampilkan pesonanya berlatarkan sunset. 

 

Jangan Pikirkan tentang Editing

Tips fotografi terakhir adalah jangan banyak memikirkan bagaimana cara editingnya karena hasil yang terbaik merupakan hasil tanpa melalui proses editing.  Editing hanya digunakan untuk membantu hasil yang lebih baik sehingga tidak berpengaruh besar pada saat memotret.  Fokus pada editing justru tidak memberikan tantangan maksimal.  Justru seringkali membuat satu hal luar biasa menjadi biasa saja karena adanya editing. 

 

Jika demikian maka cobalah untuk mengubah format dari foto yang dihasilkan.  Pada umumnya hasil yang akan keluar adalah format JPEG, nah untuk lebih mudah dalam proses editing ada baiknya untuk mengubah format tersebut menjadi RAW.

 

Format ini sering digunakan untuk menambah ketajaman dan pencahayaan pada hasil bidikan kamera. Jika sudah maka kamu sudah siap untuk mendapatkan hasil jepretan yang keren hanya dengan mengikuti tips fotografi.