Mengintip Kehebatan Kamera Mirrorless Paling Kecil di Dunia
JPC
  jpc@jpckemang.com   021-7180487
 
  • Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia S&K Berlaku

Articles

Yuk Mengintip Kehebatan Kamera Mirrorless Paling Kecil di Dunia

Yuk Mengintip Kehebatan Kamera Mirrorless Paling Kecil di Dunia

Sejak beberapa tahun belakangan, kamera mirrorless memiliki tempat tersendiri bagi para pehobi fotografi.  Pasalnya, kamera ini dinilai lebih ringkas dan canggih dibandingkan tipe kamera lain seperti DSLR.  Lantas, apa itu kamera mirrorless, keunggulannya, dan bagaimana spesifikasi  kamera mirrorless kecil terbaik tersebut?  Anda bisa simak ulasannya di bawah ini.

Sekilas tentang kamera mirrorless

Sesuai dengan jenisnya, kamera mirrorless secara umum memang bisa diartikan sebagai kamera yang ‘tanpa cermin’.  Dengan kata lain, pada dasarnya kamera mirrorless adalah kamera DSLR yang tidak dilengkapi dengan bagian pemantul cahaya atau mirrorbox. Tidak adanya mirrorbox inilah yang membuat ukuran kamera mirrorless terlihat lebih menciut bila dibandingkan DSLR.  Akan tetapi, kualitas gambar hasil bidikannya baik dan tajam.

Beberapa type kamera mirrorless untuk pemula tidak dilengkapi dengan jendela bidik (view finder). Semua proses pembidikan gambar dilakukan pada sebuah layar LCD maupun jendela bidik elektronik. Namun rata-rata kamera mirorless untuk para pecinta fotografi memiliki jendela bidik.  Dari segi sensor, antara kamera DSLR dengan kamera mirrorless nampak berbeda. Sementara itu dari segi fisik, kamera mirrorles terlihat lebih kecil dan ringan sehingga lebih nyaman dibawa ke mana saja dengan mudah dan menyenangkan.

Keunggulan kamera mirrorless

Salah satu hal yang dapat diunggulkan dari kamera mirrorless dibandingkan DSLR adalah desain dan bentuknya yang ringkas dan relatif lebih ringan. Meski begitu, lensanya dapat diganti sesuai kebutuhan seperti pada kamera DSLR. Selain itu, dari segi performa, setidaknya saat ini kamera mirrorless sudah mampu menyamai kemampuan kamera DSLR. 

Keunggulan berikutnya dari kamera mirrorless ialah proses pembidikan kamera yang dilakukan lewat layar LCD yang dapat diputar hingga 180 derajat. Lewat cara seperti ini, objek yang berada di sudut sempit sekalipun bisa dipotret dengan maksimal. Bahkan hasil rekaman video dari kamera mirrorless diakui lebih baik bila dibandingkan dengan hasil rekaman video dari kamera DSLR.

Kamera mirrorless kecil terbaik

Kini, berkembangnya teknologi dalam dunia fotografi membuat kamera mirrorless dapat diciptakan dengan ukuran kecil dan ringan sekali pun. Maka ,tidaklah heran bila kamera mirrorless kecil terbaik banyak dipilih, khususnya untuk penggunaan pembuatan video atau vlog.  Apabila Anda ingin benar-benar menyalurkan hobby foto, ingin hasil foto yang menakjubkan dan pada saat yang sama dibebaskan dari beban berat membawa kamera dan lensa (terutama lensa telefoto yang biasanya besar dan berat), maka pilihlah mirrorless dengan size kamera dan lensa terkecil.  Setidaknya ada dua rekomendasi terbaik yang bisa Anda pilih dari Olympus, yakni Olympus EM-D-EM 10 II dan Olympus EM-D-EM 10 III.

  • Olympus EM-D-EM 10 II

Olympus EM-D-EM 10 II dikenal sebagai kamera mirrorless kecil terbaik di kelasnya. Dimensinya adalah 120 x 83 x 47 milimeter.  Sedangkan untuk beratnya sendiri hanya 390 gram dan itu sudah termasuk baterai dan memory card di dalamnya.  Bila dilihat secara keseluruhan, kamera ini juga ramah digunakan oleh para pemula yang baru mau mendalami dunia fotografi  karena sangat mudah dioperasikan.

Soal kualitas gambar, Olympus EM-D-EM 10 II menggunakan sensor 16 megapiksel dan prosesor TruePic VII.  Prosesor dan sensor tersebutlah yang membuat foto yang dihasilkan lebih baik. Begitu pula dengan kualitas untuk merekam video dengan resolusi maksimum 1080p 60 fps.  Harga yang dibanderol untuk kamera ini tidak sampai Rp.8 jutaan untuk body only. Sedangkan bila Anda ingin membeli dengan lensa 14-42 mm f/3.5-5.6, maka harga yang ditawarkan adalah Rp  8 juta hingga 11,1 jutaan.

  • Olympus EM-D-EM 10 III

Sebagai penerus generasi sebelumnya, Olympus merilis EM-D-EM 10 III. Untuk sensor masih sama seperti pada kamera mirrorless kecil terbaik EM-D-EM 10 II.  Namun, untuk segi prosesornya menggunakan TruePic VIII yang dapat menampung data besar untuk video 4K. Kemampuan high speed AF-nya mampu mengunci objek yang akan difoto sehingga mampu menghasilkan kualitas terbaik dan membuat hasil gambar tidak blur.  Dari segi bobotnya, kamera mirrorless kecil terbaik ini memiliki berat  hanya 410 gram saja dan bisa Anda bawa untuk traveling.   Untuk harganya sendiri dipasarkan sekitar Rp12 jutaan.

Bagi Anda yang ingin mendapatkn kamera mirrorless kecil terbaik dapat membelinya secara online di salah satu situs toko kamera terpercaya seperti Jakarta Photography Center yang dikenal juga dengan nama JPC Kemang.  Kedua kamera tersebut juga bisa Anda dapatkan di sini dengan harga terbaik, bergaransi resmi dan kualitas yang terjamin.