JPC
  jpc@jpckemang.com   021-7180487
 
  • Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia S&K Berlaku

Articles

Traveller Wajib Tahu Tripod Ringan Terbaik untuk Bepergian

Traveller Wajib Tahu Tripod Ringan Terbaik untuk Bepergian

 Traveling kurang lengkap rasanya bila kita tidak mengabadikan momen-momen maupun spot keren.  Saat ingin difoto, namun tidak ada orang lain yang bisa dimintai tolong utk memotret, wah… sayang sekali.  Begitu ada orang yang bisa dimintai tolong memotret, ternyata komposisi foto yang diambil tidak sesuai dengan yang kita inginkan, kecewa rasanya. Oleh karena itu, selain membutuhkan kamera, Anda juga membutuhkan tripod untuk menempatkan kamera dalam posisi yang tepat, sesuai dengan angle yang diinginkan.  Memilih tripod ringan dan kecil dibawa untuk traveling cukuplah menantang dan ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, yaitu pertama : ringan namun aman untuk menyangga kamera dan lensa dengan baik, artinya stabil dan loading capacity-nya mampu men-support kamera dan lensa Anda dengan baik, kedua: ukuran sekecil mungkin agar tidak makan banyak tempat di tas/koper, namun pada saat dipakai tinggi maksimalnya masih oke.  Berikut ini tiga rekomendasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. 

Tripod Perspective PL-136

Tripod ringan untuk traveling pertama yang bisa Anda andalkan adalah Perspective PL 136 Lightweight Alumiunium Tripod.  Bahan utama tripod ini menggunakan alumunium sehingga sangat ringan dibawa. Tripod berkepala ballhead ini selain harganya sangat terjangkau, disain dan warnanya futuristic,  dan mampu menahan beban seberat hingga 3 kilogram. Kemampuannya dalam menahan beban ini membuat Anda bisa memasang berbagai jenis kamera dan lensa mulai dari DSLR, mirrorless, atau camcorder.

Sementara berat dari tripod ini sendiri adalah sangat sangat ringan hanya 750 gram dengan tinggi minimal  dan folded lenght 33 cm dan memiliki tinggi maksimal hingga 140 cm. Terdapat tiga buah kaki yang bisa dibuka lebar, memungkinkan Anda mendapatkan foto dari sudut terbaik, termasuk untuk low angle.  Begitu juga bila Anda ingin foto macro, tripod ini sangatlah tepat untuk dipilih dan digunakan saat berburu foto di alam terbuka. Harga untuk Perspective PL 136 dibanderol tidak sampai Rp400 ribuan.

Tripod Excell Travel One

Rekomendasi tripod ringan untuk traveling berikutnya adalah Excell Travel One. Tripod Excell cukup familiar, terutama untuk kalangan pengguna pemula.  Hal tersebut dikarenakan tripod ini dari segi dimensi tidak terlalu memakan tempat dan mudah digunakan. Material untuk tripod Excell Travel One menggunakan alumunium yang ringan dan dikombinasikan dengan bahan plastik.  Inilah yang membuatnya nampak ringan dan bisa dibawa ke mana saja.

Tripod Excell Travel One dapat menahan beban hingga seberat 6 kilogram dan beratnya sendiri adalah 760 gram. Selain itu juga dilengkapi dengan kenop yang mudah disesuaikan. Tinggi maksimum yang bisa Anda peroleh dari tripod ini adalah 1120 milimeter. Apabila dilihat dari segi harga yang ditawarkan untuk unit tripod Travel One sangatlah terjangkau, yakni  Rp 600 ribuan.

Tripod Fotopro X-Go Carbon

Bila Anda suka mengeksplorasi hal baru ketika traveling, tripod ringan untuk traveling Fotopro X-Go Carbon bisa Anda jadikan pilihan.  Bahan material karbon yang digunakan memiliki berat yang lebih ringan daripada tripod lainnya yang pada umumnya terbuat dari bahan alumunium.  Keunggulan lainnya dari bahan karbon ini adalah lebih tahan terhadap segala jenis cuaca. Dengan demikian bisa Anda andalkan baik cuaca panas maupun saat hujan sekalipun ketika traveling.

Meski terbuat dari material karbon, tripod Fotopro X-Go Carbon mampu menahan beban hingga 8 kilogram.  Kemampuannya menahan beban maksimum tersebut dapat membuatmu dengan leluasa menggunakan lensa tele yang berat sekalipun.  Untuk berat tripod adalah 980 gram dengan ukuran ketika dilipat hanyalah 340 milimeter saja. Adanya pengait tersembunyi untuk pemberat pada bagian pangkal kolom tengah membuat X-Go Carbon sangat kokoh  dan tidak mudah bergeser.  Tripod Fotopro X-Go Carbon dipasarkan mulai seharga Rp2,2 jutaan.

Jadi, tripod ringan untuk traveling manakah yang bakalan Anda pilih?  Demi kenyamanan dan kemudahan saat membeli tripod-tripod ringan tersebut di atas, Anda bisa klik di sini. Semoga bermanfaat dan selamat liburan!