Berikut Tips Memilih Tas Kamera DSLR dan Mirrorless
JPC
  jpc@jpckemang.com   021-7180487
 

Articles

Tips Memilih Tas Kamera DSLR dan Mirrorless

Tips Memilih Tas Kamera DSLR dan Mirrorless

Tidak dapat dipungkiri, kebutuhan akan kamera menjadi hal yang harus dipenuhi. Selain karena memiliki pekerjaan yang harus menggunakan kamera, hobi untuk hunting foto, hingga travelling membuat kamera menjadi barang yang selalu dicari-cari.  Pastinya kebutuhan penggunaan tas kamera DSLR maupun mirrorless juga meningkat.

Untuk bisa lebih mudah dan aman membawa kamera ke mana-mana, maka anda harus memiliki tas kamera. Dengan menggunakan tas kamera, Anda bisa membawa kamera dan peralatannya dengan lebih mudah tanpa kuatir ada kelengkapan yang lupa dibawa. Tidak hanya untuk membawa kamera saja, tetapi juga peralatan pendukung lainnya, seperti lensa, baterai, hingga kartu memori. Dengan begitu aktivitas dengan menggunakan kamera bisa dilakukan dengan lebih optimal.

Ketersediaan tas kamera di pasaran cukup beragam. Dari bermacam bentuk hingga ukuran, semuanya ada. Daripada Anda kebingungan memilih tas kamera DSLR dan mirrorless yang tepat, di bawah ini ada beberapa tips yang berguna untuk Anda.

Ketahui terlebih dahulu alat-alat yang harus dibawa

Tips pertama untuk memilih tas kamera DSLR dan mirrorless adalah mengetahui berapa banyak barang yang harus Anda bawa. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penggunaan tas kamera tidak hanya berguna untuk membawa kamera saja, tetapi juga peralatan pendukung lainnya, seperti lensa, baterai, tripod, flash, hingga kartu memori.

Agar Anda bisa mendapatkan tas yang paling tepat, lihat kebutuhan peralatan kamera Anda. Semakin banyak peralatan yang dibawa, maka tas yang harus dibeli juga harus memiliki ukuran yang besar. Begitu juga sebaliknya.

Cek kualitas tas yang ingin dibeli

Pastinya Anda ingin mendapatkan tas yang berkualitas, bukan? Saat ingin membeli tas kamera, sebaiknya lihat dulu kualitas tas kamera yang dijual. Jangan sampai membeli tas dengan merek yang sembarangan karena bisa saja, kualitas yang dihadirkan juga buruk. Sebelumnya, Anda bisa mengecek berbagai macam tas kamera di internet. Lihat terlebih dahulu review  di sana agar bisa mendapatkan tas kamera yang terbaik.

Apakah Anda ingin menggunakan tas kamera pasif atau aktif?

Bagi yang belum mengetahui apa itu tas kamera pasif atau aktif, akan dijelaskan di sini. Tas kamera pasif adalah tas kamera yang membuat Anda harus meluangkan waktu membuka tas dan mempersiapkan seluruh peralatan yang akan dipakai. Dari segi ukuran, tas kamera pasif selalu dalam ukuran yang besar. Sedangkan untuk tas kamera aktif, Anda bisa akses membuka tas untuk  menyiapkan kamera dan lensa sambil berdiri/berjalan tanpa harus berhenti dulu. Dengan demikian, tas kamera aktif bisa menunjang aktivitas dengan lebih mudah, namun tas kamera aktif selalu memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan tas kamera pasif. Apa saja tas kamera pasif dan aktif?

Tentukan model tas kamera yang dibutuhkan

Untuk menjawab pertanyaan pada poin sebelumnya, terlebih dahulu Anda harus tahu jenis-jenis tas kamera yang dijual di pasaran:

  • Tas punggung

Tas punggung disebut sebagai tas kamera aktif karena bisa mudah dibawa dan bisa mudah juga untuk mengeluarkan alat-alat di dalamnya tanpa harus memakan waktu yang lama. Untuk tas punggung, sudah pasti Anda bisa membawa lensa, kamera, dan peralatan lainnya dalam jumlah yang lebih besar. Mobilitas Anda akan tetap terjaga walaupun membawa tas kamera yang lebih besar. Untuk tas punggung yang direkomendasikan, ada Lowepro Fastpack BP 150 AW II dan Vanguard Veo Flex 47m Backpack Blue.

  • Roller bags

           Selain tas punggung, ada juga roller bags. Tas model ini bisa disebut juga sebagai tas koper. Bertipe tas kamera pasif, tas ini memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar dibandingkan tas punggung. Anda bisa lebih mudah dalam membawa peralatan yang lebih banyak. Bagi para profesional, roller bags menjadi pilihan utama. Untuk roller bags yang direkomendasikan, ada Vanguard Alta Fly 55T Roller Bag.

  • Shoulder bags

Selanjutnya ada shoulder bags. Tas kamera bertipe aktif ini bisa dibilang menjadi tas yang paling sering digunakan oleh para pemilik kamera  karena lebih kecil dan mudah untuk dibawa. Untuk mengambil kamera, lensa, dan peralatan lainnya pun juga mudah. Untuk shoulder bags yang direkomendasikan, ada Lowepro Format 160 Camera Bag, Lowepro Nova 180 AW II, dan Vanguard Veo Range 36M Medium Messenger Camera Bag.

  • Sling bags

Ada tas kamera bertipe aktif lainnya yaitu sling bags. Dari segi ukuran, sling bags biasanya lebih kecil dari shoulder bags. Namun dari segi mobilitas, sling bags lebih baik dibandingkan shoulder bags. Untuk sling bags yang direkomendasikan, ada Vanguard Lido 15 Khaki Green

  • Modular systems

Terakhir, ada modular systems. Dari segi ukuran, termasuk sedang. Bentuknya beragam karena difokuskan untuk mengikuti kontur tubuh. Mobilitas maksimum dan mudah mengakses kamera & lensa menjadi keunggulan utama dari modular systems sendiri. Jadi bagi para fotografer yang ingin lebih mudah membawa alat-alat, tapi tetap ingin memiliki mobilitas tinggi, modular systems adalah jawabannya.


Memilih tas kamera DSLR dan mirrorless perlu perhitungan yang baik. Jangan sampai Anda salah membeli tas. Bagi yang ingin membeli tas kamera dengan kualitas yang baik dan mampu menunjang aktivitas Anda, kunjungi website JPC Kemang sekarang juga.






Author:

  • Profile Author
    JPC Kemang
    JPC Kemang Photography Store atau dikenal juga dengan JPC (Jakarta Photography Center). Toko JPC Kemang (OFF-LINE store) yang sangat nyaman beralamat di Jl. Kemang Raya No. 47C, Jakarta Selatan 12730. Dilengkapi dengan Kemang Cafe tempat bersantai bersama