Ketahui Tips Membuat Foto Bokeh yang Indah Dengan Mudah
JPC
  jpc@jpckemang.com   021-7180487
 

Articles

Tips Membuat Foto Bokeh yang Indah Dengan Mudah

Tips Membuat Foto Bokeh yang Indah Dengan Mudah

Fotografi tidak lagi hanya menjadi pekerjaan bagi para profesional saja, tetapi sudah menjadi hobi yang semakin digemari oleh banyak orang. Bahkan dengan kemajuan teknologi yang ada, penggunaan kamera untuk fotografi mulai digantikan oleh keberadaan smartphone yang kian hari semakin canggih dari sisi kamera. Namun untuk hasil fotografi yang tepat dan berkualitas, tetap saja kamera belum terkalahkan oleh smartphone manapun.

Teknik fotografi yang ada termasuk banyak. Dari sekian teknik fotografi yang ada, teknik foto bokeh menjadi teknik yang paling sering digunakan. Mengapa bokeh menjadi satu teknik yang sangat terkenal di dalam urusan fotografi? Jawabannya adalah keindahan yang ditawarkan. Secara harafiah, foto bokeh, atau biasa disebut juga blur fokus pada latar belakang objek yang difoto.  Dengan demikian, foto tersebut akan terlihat lebih indah karena fokus di satu objek saja.

Untuk bisa mendapatkan foto  BOKEH yang baik, ada berbagai macam hal yang harus diperhatikan, seperti aperture dari kamera dengan bukaan yang besar, kualitas lensa yang baik, pencahayaan yang tepat, hingga jarak antara kamera dengan objek yang cukup supaya efek blur di bagian latar belakang bisa terlihat lebih dramatis. Semuanya itu harus dipenuhi agar bisa mendapatkan foto bokeh yang indah. 

Banyak orang yang bertanya-tanya tentang tips untuk mendapatkan foto bokeh yang indah dan berkualitas. Di bawah ini, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sekarang juga.

1. Temukan gambaran yang tepat

Untuk bisa mendapatkan foto bokeh yang indah, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari gambaran yang tepat. Maksud dari gambaran yang tepat adalah perhatikan wilayah yang mau dijadikan tempat mengambil foto bokeh. Dari latar belakang yang mau ditampilkan, pencahayaan yang ada, hingga besaran area yang mau difoto. Dengan begitu, Anda bisa tahu posisi mana yang paling tepat.

2. Pilih objek terbaik

Selanjutnya adalah memilih objek terbaik. Foto kamera blur fokus tidak hanya bisa dilakukan untuk foto orang saja. Tumbuh-tumbuhan, bunga, hingga binatang pun bisa Anda jadikan sebagai objek foto. Benda mati pun juga bisa. Untuk bisa mendapatkan foto bokeh yang indah, sebaiknya pilih objek yang terbaik pula sehingga nanti, hasil foto yang ada bisa memiliki kualitas dari segi estetika.

3. Mulai mainkan aperture kamera

Sekarang saatnya masuk ke bagian peralatan. Seperti yang sudah ditulis di atas, aperture dari lensa kamera menjadi bagian yang penting untuk mendapatkan foto bokeh yang indah. Untuk pengaturan kamera, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur ISO ke angka 100. Kemudian, gunakan angka aperture paling kecil yang dimiliki oleh lensa, contohnya f/1.4 atau f/1.2. Semakin besar aperture/bukaan lensa (angkanya semakin kecil), semakin indah juga hasil fotonya. 

Tidak semua lensa bisa menghasilkan foto bokeh yang indah. JPC Kemang merekomendasikan Panasonic Leica DG Vario Elmarit 50-200mm f/2.8-4 ASPH, Sony 50mm/1.8 dan Fujifilm 56/1.2 APD, Nikon AFS 105mm/2.8G, Sony 70-200/2.8, Olympus M Zuiko 25mm/1.2, Aperture besar (dengan angka yang sangat kecil), atau aperture besar pada lensa tele sudah dipastikan mampu mengambil foto bokeh dengan lebih indah lagi.

4. Segera ambil foto

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah segera ambil foto. Setelahnya, cek kembali hasil foto yang telah ambil. Pelajari dulu gambar tersebut. Apakah ada yang bisa diperbaiki dari segi jarak lokasi pengambilan gambar, angle gambar, dan yang lainnya. Dengan melakukan evaluasi, Anda bisa mendapatkan opsi foto kamera blur fokus yang lebih baik juga.

Foto bokeh menjadi foto yang termasuk sering diambil oleh para fotografer dan para amatir karena terhitung mudah. Namun untuk bisa mencapai tingkatan keindahan dan estetika yang lebih baik, maka tips di atas perlu dilakukan. Ingat, lensa yang mumpuni menjadi satu bagian penting dari foto bokeh. Bagi yang ingin membeli lensa yang baik, bisa mengunjungi website JPC Kemang sekarang juga.







Author:

  • Profile Author
    JPC Kemang
    JPC Kemang Photography Store atau dikenal juga dengan JPC (Jakarta Photography Center). Toko JPC Kemang (OFF-LINE store) yang sangat nyaman beralamat di Jl. Kemang Raya No. 47C, Jakarta Selatan 12730. Dilengkapi dengan Kemang Cafe tempat bersantai bersama