Ketahui Perbedaan Instax Mini 8 dan 9: Mana yang Lebih Bagus
JPC
  jpc@jpckemang.com   021-7180487
 
  • Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia S&K Berlaku

Articles

Ketahui Perbedaan Instax Mini 8 dan 9

Ketahui Perbedaan Instax Mini 8 dan 9

Sekarang ada dua Instax Mini yang beredar di pasaran yaitu Instax Mini 8 dan Instax Mini 9. Dari kedua kamera ini, sebenarnya apa saja perbedaannya? Dan mana yang lebih baik? Untuk itu, berikut penjelasan kedua kamera beserta kesimpulan akhirnya.

Perkembangan teknologi yang berkembang pesat membuat segala hal bisa lebih baik dibandingkan sebelumnya. Dari yang dulunya sulit, sekarang menjad lebih mudah lagi. Dari perkembangan smartphone yang sekarang bisa melakukan apa saja pada saat ini hingga kamera.

Ya, khusus untuk kamera, Anda pastinya tahu bagaimana ketika kamera dengan film biasa naik daun pada masanya, lalu harus kalah dengan kamera digital. Pada dasarnya, urusan itu menjadi lebih baik. Namun, nostalgia adalah nilai penting yang ingin orang lain rasakan juga.

Kalau ingat, pada masanya sempat banyak kamera yang bisa mencetak langsung hasil foto yang baru saja diambil. Dan saat ini, Fujifilm pun juga mengambil sisi klasik itu ke dalam Instax Mini. Dengan Instax Mini, Anda bisa mengambil foto dan langusung mencetaknya saat itu juga dengan hasil yang optimal dan mudah untuk dilakukan siapa saja.

Instax Mini 8

Instax Mini 8 yang dirilis pada 2012 mendapatkan spotlight yang sangat besar karena menjadi kamera instan yang mudah untuk digunakan dan juga didapatkan. Walau memiliki fitur yang sederhana karena memfokuskan kepada fitur foto-dan-cetak, Instax Mini 8 tidak pernah mendapatkan satu kegagalan tersendiri di pasar.

Semua orang bisa menggunakan Instax Mini 8. Hal inilah yang membuat kamera ini terus menjadi favorit banyak orang. Memang ada beberapa kelemahan yang cukup terasa dari Instax Mini 8 seperti ukuran yang cukup besar dan sulit untuk disimpan ketika sedang dipakai jalan-jalan. Namun kekurangan itu secara jelas tertutup oleh fiturnya yang sederhana tapi langsung mendapatkan porsi di hati masyarakat yang membutuhkan kamera instan dengan kemudahan dalam menggunakannya.

Sebagai kamera instan, Instax Mini 8 tidak memiliki kualitas foto kelas atas, namun yang terpenting dan menjadi nilai utama dari kamera ini adalah momen. Momen yang ditangkap oleh Instax Mini 8 bisa langsung dinikmati saat itu juga setelah dicetak sesegera mungkin. Hal inilah yang membuat Instax Mini 8 terus hidup.

Namun, sekarang bagaimana dengan kakaknya, Instax Mini 9?

Instax Mini 9

Pada tahun 2017, Fujifilm telah mengumumkan Instax Mini 9. Namun hingga detik ini, tidak ada perbedaan yang sangat terasa dari kakak Instax Mini 8 ini. Rasanya masih ada yang kurang dari Instax Mini 9 yang sayangnya memang tidak berani untuk diubah terlalu jauh oleh Fujifilm karena Instax Mini 8 sendiri sudah sangatlah oke dan masih layak sekaligus relevan untuk digunakan hingga detik ini.

Sekarang bagaimana tentang perbedaan Instax Mini 8 vs Instax Mini 9? Berikut ulasan lebih lengkap.

Perbedaan Instax Mini 8 vs Instax Mini 9

Seperti yang ditulis di atas, Instax Mini 9 tidak memiliki perubahaan yang terlalu jauh dari Instax Mini 8, namun tetap saja ada perbedaan yang bisa Anda rasakan seperti:

  • Warna

Ya, warna body dari Instax Mini 9 lebih banyak dibandingkan Instax Mini 8. Bagi yang suka dengan warna-warna yang variatif, maka Instax Mini 9 lebih menarik dibandingkan Instax Mini 8.

  • Lensa Close-Up

Lensa close-up memang menjadi perbedaan mencolok yang terpasang di Instax Mini 9. Kalau di Instax Mini 8 harus membeli aksesoris lagi untuk mendapatka lensa close-up, di Instax Mini 9 sudah ada itu.

  • Selfie mirror

Melakukan selfie dengan Instax Mini tidak akan lengkap dengan selfie mirror. Untungnya di Instax Mini 9 sudah ada selfie mirror yang terpasang karena fitur ini belum ada di Instax Mini 8, sama seperti lensa close-up yang harus dibeli lagi.

  • Harga

Dari segi harga, Instax Mini 9 sedikit lebih mahal dibandingkan adiknya, namun tidak besar karena hanya berbeda sekitar $5 hingga $10 saja.

Dari penjelasan di atas, maka kesimpulan mana yang terbaik adalah keduanya. Ya, Instax Mini 8 dengan Instax Mini 9 sama baiknya dan bisa Anda gunakan dengan hasil yang maksimal. Sekarang yang menjadi perbedaan adalah warna body-nya saja. Jadi sebaiknya untuk memilih mana yang mau Anda beli, pilih saja yang warna body-nya paling Anda sukai karena bisa membuat Anda merasa senang dengan kamera tersebut.

Yuk Lihat Instax Mini dari Fujilm.

Baca Juga Artikel Berikut: Ini Dia Basic Cara Mengambil Foto yang Bagus Dengan Kamera Pocket.







Author:

  • Profile Author
    JPC Kemang
    JPC Kemang Photography Store atau dikenal juga dengan JPC (Jakarta Photography Center). Toko JPC Kemang (OFF-LINE store) yang sangat nyaman beralamat di Jl. Kemang Raya No. 47C, Jakarta Selatan 12730. Dilengkapi dengan Kemang Cafe tempat bersantai bersama