Cara Mengambil Foto yang Bagus dengan Kamera Pocket
JPC
  jpc@jpckemang.com   021-7180487
 
  • Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia S&K Berlaku

Articles

Ini Dia Basic Cara Mengambil Foto yang Bagus dengan Kamera Pocket

Ini Dia Basic Cara Mengambil Foto yang Bagus dengan Kamera Pocket

Cara mengambil foto yang bagus dengan menggunakan kamera pocket memang menjadi tantangan sendiri. Kamera pocket berbeda kamera DSLR sehingga memerlukan teknik yang lebih tinggi ketika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini basic yang harus diperhatikan saat mengambil foto menggunakan kamera pocket. 


Memperhatikan Komposisi Cahaya

Cahaya selalu menjadi hal yang sangat penting ketika mengambil sebuah foto, tak terkecuali pada kamera pocket. Apalagi tak banyak pengaturan yang ada di kamera ini khususnya pada kontras sehingga dibutuhkan ketepatan dalam mengkomposisikan cahaya pada objek. Arah datangnya cahaya harus diperhatikan untuk hasil yang lebih masimal. Cahaya dari depan dan samping menjadi prioritas karena mampu memebrikan hasil yang lebih baik. 


Jadi langkah dasar untuk mengambil foto dari kamera pocket harus mengetahui arah datangnya cahaya terlebih dahulu. Hasil yang ada di siang hari jauh lebih baik dibandingkan dengan malam hari karen apencahaayn malam hari tidak bisa jelas kecuali dengan bantuan flash. Meskipun sudah banyak lampu yang menerangi akna tetapi hasil dari kamera ini kurang maksimal sehingga ada baiknya untuk menggunakan flash pada malam hari.  


Berikan Kestabilan pada Kamera

Kamera pocket tidak memiliki stabilizer sempurna yang dapat menangkap gambar dengan keadaan tidak stabil. Hasil yang sering didapatkan adalah foto blur atau tidak jelas. Oleh karenanya sangat jarang kamera pocket digunakan untuk kegiatan yang memerlukan aktifitas cepat. Berbeda dengan kamera DSLR yang memberikan sentuhan tepat saat sudah mengcapturenya. Kamera pocket cenderung memiliki jeda waktu untuk menampilkan hasil dari capturenya. 


Dengan demikian cara terbaiknya adalah memperbaiki kestabilan saat memegang kamera. Oleh karenanya ketika menggunakan kamera ini lebih baik ditaruh diatas benda yang datar dan bisa digunakan sebagai pijakan seperti tripot, meja, kursi, dan lainnya. Atau jika ingin berselfie maka letakkan kamera pada tangan yang siap memegang dan memencet tombol capture. Handling kamera sangat dibutuhkan pada momen ini karena kebanyakan ketika memencet tombolnya yang terjadi adalah kamera bergoyang atau shake.


Jangan Menggunakan Banyak Efek

Pada kamera pocket umumnya menggunakan efek yang sangat banyak untuk membuat foto yang unik. Memang dari segi hasil efek tersebut bisa menghasilkan foto yang artistik namun tetap saja pada dasar cara mengambil foto yang bagus adalah dengan mengambil senatural mungkin. Hasil yang natural memiliki tingkat ketajaman objek yang berbeda dengan hasil dari filter. Oleh karena itulah ada baiknya jika ingin mendapatkan efek foto yang bagus, untuk menggunakan aplikasi sendiri dalam mengedit efek foto. 


Kurangi Penggunaan Zoom

Penggunaan zoom memang sangat membantu untuk mengambil gambar dari jarak yang cukup jauh. Akan tetapi dibalik kemudahan itu tentunya ada kekurangan yang bisa dirasakan padanya. Hasil kamera zoom pada kamera pocket umumnya akna pecah dan blur sehingga foto tampak tak tajam dan kurang indah. Cara mengambil foto yang bagus dengan zoom adalah dengan memotret seluruh area yang ada objeknya kemudian barulah hasilnya diedit dengan efek cropping. Masalah kedua selain gambar yang pudar adalah handling yang kurang bagus. Pada saat di zoom kamera pocket lebih sensitif terhadap shake atau goyangan sehingga gerakan seminim apapun bisa mempengaruhi hasilnya. 


Itulah beberapa hal dasar yang harus diketahui oleh fotografer yang menggunakan kamera pocket. Jika bisa menggunakannya dengan maksimal dan sesuai dengan rekomendasi tips tadi tentunya hasil foto tak akan kalah dengan kamera yang lebih mahal. Jika memiliki kamera pocket maka ada baiknya untuk segera mempelajarai cara mengambil foto yang bagus.


Cek Katalog Produk Kamera Pocket Ini