JPC
  jpc@jpckemang.com   021-7180487
 
  • Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia S&K Berlaku

Articles

Cari Tahu Bagaimana Cara Menggunakan Kamera DSLR Yang Baik Dan Benar?

Cari Tahu Bagaimana Cara Menggunakan Kamera DSLR Yang Baik Dan Benar?

Bagi Anda yang masih kikuk menggunakan kamera DSLR jangan khawatir karena kali ini akan dibahas mengenai cara menggunakan kamera DSLR yang baik sebagai langkah awal Anda untuk belajar menggunakan kamera dengan mode manual. 

Kamera DSLR adalah kamara wajib punya bagi Anda yang serius ingin menekuni dunia fotografi dan menghasilkan gambar dengan kualitas profesional. Kamera yang ada pada smartphone jaman sekarang memang makin canggih dengan perang fitur dan juga sensornya. Namun untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi dan profesional, kamera DSLR masih berada di tingkat atas rantai makanan perkameraan.

Postur tubuh yang benar memegang kamera

Tips cara menggunakan kamera DSLR yang baik poin pertama adalah membentuk postur tubuh yang benar ketika memegang kamera. Bagaimana cara Anda memegang kamera sangat penting yang bisa memengaruhi kualitas ketajaman gambar. Kamera yang bergerak akan kesulitan untuk menangkap cahaya bahkan getaran yang kecil sekalipun. Ketika berdiri misalnya, tempelkan siku Anda pada badan untuk menstabilkan tangan. Ketika mengambil gambar dengan berlutut sebaiknya jangan support siku pada permukaan yang keras karena makin keras permukaan makin mudah goyah sendi Anda. 

Mengenal mode-mode yang ada pada kamera

Kamera DSLR memiliki berbagai macam mode yang menentukan bagaimana  cara kamera bekerja dalam mengambil gambar. Umumnya mode kamera terdiri dari Auto, Av, Tv, Pv, M, dan sebagainya. Ada juga merk kamera yang menyebutnya dengan A, S, P, M. A adalah untuk memberikan kontrol kecepatan shutter secara otomatis sedangkan Anda mengatur aperture-nya. Tv atau S adalah kebalikannya di mana Anda mengatur shutter speed dan kamera secara otomatis akan memilihkan aperture-nya. P adalah mode untuk mengubah aperture atau shutter speed di mana jika salah satu diatur maka yang lainnya akan menyesuaikan otomatis. Dan mode M adalah kontrol manual penuh yang memberikan Anda kebebasan untuk memilih pengaturan tanpa campur tangan kamera. 

Menggunakan ISO

ISO diukur dengan menggunakan angka yang biasanya mulai dari 100 hingga 6400 bahkan ada yang lebih tinggi lagi. ISO merupakan ukuran tingkat lensa kamera terhadap sensitivitas cahaya, di mana makin rendah ISO nya digunakan untuk menangkap objek dengan pencahayaan yang baik. Cara menggunakan kamera DSLR adalah melakukan pengaturan ISO sesuai dengan tingkat cahaya yang berada di lingkungan objek. Untuk objek dengan cahaya yang bagus digunakan ISO yang rendah, dan sebaliknya. Namun yang mesti diperhatikan adalah menggunakan ISO yang besar untuk di ruangan yang gelap umumnya akan memiliki noise yang cukup banyak, jadi Anda bisa berlatih untuk bermain ISO mana yang tepat untuk berbagai macam situasi. 

Membiasakan mengatur white balance

Cara menggunakan kamera DSLR selanjutnya adalah membiasakan diri untuk mengatur white balance secara manual sebelum mengambil gambar. Meski kamera Anda memiliki fungsi otomatis untuk mengatur white balance sendiri, namun seringkali kamera tidak memiliki kecerdasan yang cukup untuk menentukan white balance yang tepat. White balance adalah pengaturan warna gambar sesuai dengan sumber cahayanya. Umumnya pada kamera mode white balance dibagi menjadi Cloudy, Daylight, Shade, Fluorescent, dan sebagainya. 

Mempelajari pengaturan fokus

Kemampuan untuk fokus pada satu titik dan memberikan efek blur pada objek di sekitarnya adalah salah satu daya tarik kamera DSLR karena hasilnya bisa terlihat lebih artistik. Kamera DSLR memiliki berbagai macam mode autofocus namun yang paling banyak digunakan adalah autofocus single atau AF-S dan autofocus-continuous atau AF-C. Titik fokus yang terbidik oleh kamera Anda bisa dilihat pada layar kamera di mana saat membidik objek akan ada kotak atau titik yang berwarna merah. Dari sini Anda bisa melihat dan menentukan sendiri mana titik fokus yang ingin diambil. Demikian adalah beberapa cara menggunakan kamera DSLR secara dasar untuk pintu masuk Anda belajar kamera manual.