Ikuti Cara Menggunakan Kamera Mirrorless Untuk Pemula
JPC
  jpc@jpckemang.com   021-7180487
 
  • Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia S&K Berlaku

Articles

Begini Cara Menggunakan Kamera Mirrorless Untuk Pemula

Begini Cara Menggunakan Kamera Mirrorless Untuk Pemula

Belajar Menggunakan Mirrorless

Belajar cara menggunakan kamera mirroless untuk pemula itu penting.  Mungkin sebelumnya Anda lebih familiar mendengar kamera DSLR. Namun DSLR bukan satu-satunya, ada tren baru dalam dunia fotografi yakni mirrorless. Kamera profesional dengan ukuran lebih mini sehingga mudah dibawa kemana saja.

Kamera mirrorless berbeda dengan yang lain, dimana tidak terdapat cermin di bagian dalamnya. Sehingga tanpa dipantulkan cahaya akan langsung diarahkan ke bagian sensor. Artinya Anda berkesempatan mendapat hasil bidikan bening tanpa getaran. Selain itu, pada mirrorless juga terdapat viewfinder elektronik yang akan menampilkan hasil akhir apa adanya. Untuk penggunaannya, begini caranya:

  1. Memformat Kartu Memory

Agar bisa menggunakan mirrorless baru Anda, maka Anda perlu memformat kartu memory lebih dulu. Pada brand dan seri berbeda, mungkin Anda harus melalui sedikit langkah berbeda tetapi esensinya sama. Yakni Anda hanya perlu membuka menu utama, mencari setup menu, lalu memilih opsi format. Dengan demikian proses format kartu memory kamera mirroless untuk pemula selesai.

  1. Setting Ukuran dan Kualitas Gambar

Agar kamera mirroless memberi hasil seperti harapan, lanjutkan dengan mengatur ukuran dan kualitas gambar. Sebagai langkah awal belajar Anda bisa memilih format JPEG. Untuk mendapat kualitas tinggi pilih highest quality atau extra fine dengan ukuran file large. 

Anda juga bisa menggunakan format RAW. Namun, sebelumnya pastikan PC atau komputer yang digunakan untuk membuka foto dilengkapi dengan program untuk membaca dan mengonversi RAW. Sehingga foto RAW bisa diubah menjadi format standar. 

  1. Pengaturan ISO Kamera Mirrorless

Pengaturan ISO berpengaruh pada banyak sedikitnya cahaya yang digunakan. ISO ideal dibutuhkan untuk mendapat hasil foto memuaskan. Namun, hal ini masih harus dipelajari lebih lanjut. Karenanya untuk pemula seringkali direkomendasikan pengaturan auto yang memudahkan kegiatan pemotretan.

  1. Tiga Komponen Penting

Cara menggunakan kamera mirroless untuk pemula tidak terlepas dari tiga komponen penting. Yakni white balance, metering, dan juga fokus.  Pengaturan white balance berpengaruh pada akurasi warna foto. Sebagai pemula tentu Anda mendambakan bidikan foto nampak seperti kondisi aslinya bukan? Dengan demikian Anda akan terlihat seperti seorang profesional.

Selanjutnya pengaturan metering berkaitan dengan bagaimana mirrorless mengukur cahaya dari obyek seperlu mendapat kombinasi shutter speed dan bukaan lensa yang pas. Sementara untuk fokus sekiranya memang tidak mudah mendapatkan posisi fokus. Pada pengaturan manual Anda harus memutar cincin fokus. Namun, Anda bisa memanfaatkan sistem autofocus guna mendapat fokus otomatis.

  1. Baterai Cadangan 

Terakhir, untuk Anda yang ingin berburu foto menggunakan kamera mirrorless jangan lupa membawa baterai cadangan. Mengapa demikian? Hal ini karena ukuran body kamera mirrorless yang lebih kecil membuat ukuran baterainya juga lebih kecil dibanding baterai DSLR. 

Agar penggunaan baterai lebih hemat, ingat untuk melepas baterai ketika tidak digunakan. Kamera sebaiknya juga hanya dinyalakan saat digunakan. Selain itu, penggunaan kartu memory yang “write speed” nya cepat juga lebih direkomendasikan agar baterai tidak cepat habis. 

Bagaimana, sudah siap mengaplikasikan cara menggunakan mirrorless di atas? Meski Anda pengguna kamera mirroless untuk pemula, tapi Anda bisa belajar agar makin terampil berburu foto menarik menggunakan mirrorless.  Supaya lebih aman jangan lupa menggunakan hand strap untuk memastikan kamera tidak terlepas dari tangan Anda. Tentukan obyek Anda dan bidik di waktu tepat menggunakan kamera mirroless.


Pilih Mirrorless mu Sekarang!