Cara Menggunakan DSLR atau Mirrorless Tanpa Bantuan Tripod
JPC
  jpc@jpckemang.com   021-7180487
 
  • Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia S&K Berlaku

Articles

Begini Cara Menggunakan DSLR atau Mirrorless Tanpa Bantuan Tripod

Begini Cara Menggunakan DSLR atau Mirrorless Tanpa Bantuan Tripod

Ada banyak cara menggunakan DSLR yang bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda.  Kamera DSLR / mirrorless terkenal banyak memberikan kemudahan dan praktis digunakan dibandingkan menggunakan kamera reguler yang biasa dipakai untuk syuting sebuah film. Tidak hanya itu, kualitas video dan gambar yang diambil menggunakan kamera DSLR / mirrorless juga sangat bagus. Tidak heran, kebanyakan orang sudah memiliki kamera DSLR yang digunakan bukan hanya untuk sebuah pekerjaan saja.


Namun, buat Anda yang memiliki kamera DSLR pasti berpikir tidak lengkap jika tidak menggunakan tripod. Kegunaan tripod memang sangat membantu orang dengan pekerjaan yang sangat bergantung dengan kamera DSLR. Tripod memungkinkan Anda mampu menangkap gambar dan video dengan kualitas yang sangat baik, halus, dan tanpa goyang di medan apapun. Akan tetapi, bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan hasil yang bagus tanpa tripod. Berikut cara menggunakan DSLR tersebut.

Memiliki Teknik Memegang Dengan Tepat

Tidak semua orang langsung bisa menggunakan DSLR hanya dengan kedua tangan saja untuk mendapatkan kualitas yang sangat baik. Pastinya dibutuhkan waktu belajar yang cukup lama dan juga jam terbang yang tinggi. Anda juga membutuhkan teknik memegang yang tepat agar video dan gambar yang dihasilkan tajam dan tetap fokus. Teknik tersebut bisa Anda praktekkan tanpa menggunakan tripod.


Teknik ini merupakan salah satu teknik yang menurut fotografer-fotografer handal sangat tepat digunakan untuk belajar cara menggunakan DSLR tanpa tripod. Gunakan tangan kiri Anda untuk menyangga lensa kamera tepat di bagian bawah lensa. Sementara itu, tangan kanan digunakan untuk menggenggam kamera DSLR serta mengatur tombol kamera.


Mengatur Gestur Tubuh Dengan Benar

Selain teknik memegang dengan tepat, gestur tubuh dengan benar ternyata juga sangat memengaruhi untuk mendapatkan kualitas gambar dan video yang bagus. Anda pasti pernah melihat fotografer-fotografer profesional selalu melakukan gestur tubuh yang terlihat aneh dan tidak biasa ketika sedang mengambil sebuah gambar maupun video. Untuk mengambil sudut yang tepat dan sempurna dibutuhkan gestur tubuh yang benar.


Gestur-gestur tubuh tersebut dapat membantu Anda untuk dapat mengambil gambar dari berbagai sudut yang dirasa sangat tepat. Ketika Anda mengambil gambar, pastikan tubuh Anda selalu menempel dengan siku bagian kiri. Karena tangan kiri yang mengatur lensa kamera DSLR menjadikan tubuh Anda sebagai alas agar tidak goyah ketika mengaturnya. Dengan cara seperti itu, Anda bisa mendapatkan hasil yang tidak goyang meskipun tanpa menggunakan tripod.


Menggunakan Tali Penyangga Dengan Baik

Tali penyangga ini sudah Anda dapatkan saat membeli kamera DSLR.  Tali ini sangat membantu Anda untuk bisa menyangga kamera tanpa perlu memegangnya ketika lelah. Anda cukup menyangga tali tersebut dengan leher Anda. Selain itu, keberadaan tali penyangga ternyata juga membantu Anda untuk mendapatkan hasil gambar yang memuaskan.


Caranya cukup mudah. Setelah menggunakan tali penyangga di leher Anda, dorong kamera DSLR Anda hingga bisa mendapatkan tangkapan yang pas. Gunakan tubuh Anda sebagai poros utama untuk mengatur dan menggerakkan tata letak kamera DSLR agar mendapatkan tangkapan yang bagus. Anda bisa mendorong kamera DSLR sampai tali penyangga mencapai batas maksimal.


Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan hasil yang sangat memuaskan tanpa menggunakan tripod. Beberapa cara menggunakan DSLR tanpa menggunakan tripod di atas bisa dipraktekkan langsung dan berlatih secara teratur untuk bisa menjadi fotografer handal.


Miliki Aksesoris Kamera Disini!

Baca Juga: