Apa itu Kamera Prosumer Serta Kelebihan dan Kekurangangannya
JPC
  jpc@jpckemang.com   021-7180487
 

Articles

Apa itu Kamera Prosumer Serta Kelebihan dan Kekurangangannya Penting Diketahui

Apa itu Kamera Prosumer Serta Kelebihan dan Kekurangangannya Penting Diketahui

Apa yang dimaksud dengan kamera prosumer? Apa saja kelebihan dan kekurangan kamera ini? Di bawah ini, semua pertanyaan di atas dijawab dengan lengkap.

Di dalam aktivitas yang dijalani sehari-hari, Anda pastinya membutuhkan hobi agar Anda bisa menjalani hari-hari yang padat dengan lancar dan memiliki satu kegiatan yang bisa membuat hati serta otak segar kembali. Hal inilah yang banyak muncul hobi-hobi baru yang memanfaatkan teknologi yang sudah ada sebelumnya. Dari yang dulu hanya bisa dilakukan oleh para profesional, sekarang orang awam pun bisa masuk ke dalamnya dan membuat satu perubahan positif baru dalam hidupnya. Salah satu hobi tersebut adalah fotografi.

Ketika Anda memutuskan untuk menjadikan fotografi sebagai hobi, Anda pastinya membutuhkan kamera untuk menjalankan hobi ini. Saat ini, banyak sekali tipe dan jenis kamera yang dijual di pasaran seperti DSLR, Mirrorless dan masih banyak lainnya, dengan harga yang beragam pula. Namun sebenarnya ada satu jenis kamera yang cukup menarik serta mudah untuk Anda gunakan walaupun masih awam sekalipun yaitu kamera prosumer.

Apa itu kamera prosumer?

Kamera prosumer adalah kamera yang memiliki dua nilai sekaligus yaitu untuk para profesional layaknya DSLR dan untuk orang awam layaknya kamera pocket. Dari sana, maka sudah terlihat jelas kalau kamera prosumer menjaid kamera 2-in-1.

Di sini, Anda bisa menjalankannya seperti kamera DSLR dengan beberapa pengaturan manual seperti ISO, aperture hingga shutter speed. Namun jika Anda malas melihat itu semua dan ingin mendapatkan kamera yang mudah digunakan dan langsung bisa digunakan untuk memotret saat itu juga tanpa perlu banyak pengaturan, maka kamera prosumer pun bisa melakukannya juga. Seperti yang ditulis di atas, kamera ini juga bisa digunakan layaknya kamera pocket dengan mode auto yang membuat orang awam bisa menggunakannya dengan mudah.

Padahal dari segi bentuk sendiri, kamera prosumer memiliki bentuk layaknya kamera DSLR, walau ada juga yang saat ini seperti kamera pocket. Ada lensa yang bisa Anda atur tingkat zoom-nya dan juga body yang seperti kamera DSLR membuatnya terlihat lebih profesional.

Ada berbagai macam kelebihan yang ada di dalam kamera prosumer ini, tapi sebagus apapun kamera ini, tetap saja ada kekurangannya. Bagaimana tentang dua sisi ini?

Bagaimana kelebihan dan kekurangan kamera prosumer?

Kamera prosumer memiliki beberapa kelebihan serta kekurangan juga. Untuk kelebihannya sendiri, kamera prosumer memiliki:

  • Memiliki mode auto yang mudah digunakan sekaligus berkualitas

  • Lensa zoom layaknya DSLR bisa digunakan untuk foto wide angle hingga telephoto

  • Memiliki fitur Superzoom

  • Memiliki ukuran dan berat yang lebih ringan daripada kamera DSLR

  • Ada mode manual juga bagi yang ingin mendapatkan hasil sesuai keinginan

  • Harga yang lebih terjangkau

Menarik bukan melihat apa saja kelebihan kamera prosumer? Namun tetap saja ada kelemahan yang terasa dari kamera ini seperti:

  • Tidak bisa mengganti lensa karena sudah tertanam secara permanen di body kamera

  • Ukuran sensornya termasuk kecil


Itulah pembahasan lebih lengkap tentang kamera prosumer sekaligus kelebihan dan kekurangannya. Apakah Anda menjadi tertarik dengan kamera ini? Saat ini cukup banyak kamera prosumer berkualitas yang dijual di pasaran dan bisa menjadi pilihan Anda nantinya. Perlu diingat kalau kamera prosumer bisa memberikan dua nilai dan rasa yang berbeda dari satu kamera sehingga membawa pengalaman yang berbeda pula untuk Anda ketika memakainya.

Miliki Kamera Prosumer Sekarang!

Baca Juga Artikel Berikut: Kamera Prosumer Terbaik Harga 6 - 7 Jutaan






Author:

  • Profile Author
    JPC Kemang
    JPC Kemang Photography Store atau dikenal juga dengan JPC (Jakarta Photography Center). Toko JPC Kemang (OFF-LINE store) yang sangat nyaman beralamat di Jl. Kemang Raya No. 47C, Jakarta Selatan 12730. Dilengkapi dengan Kemang Cafe tempat bersantai bersama